Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Daihatsu Enggak Anggap Xenia Termakan Sigra

Di segmen kendaraan penumpang PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sigra masih menjadi produk yang naik daun. Bahkan terakhir, pada Mei 2017, kontribusinya mencapai 25 persen (18.903 unit) dari penjualan total retail Daihatsu, yakni 75.183 unit.

Kontribusi besar itu memang masih kalah ketimbang Gran Max yang menyumbang 29 persen (21.574 unit). Tapi jika diadu dengan sesama kendaran penumpang, kontribusi Xenia sudah kalah telak dengan Sigra. Low MPV itu memang masih menjadi salah satu tulang punggung, tapi cenderung stagnan.

Pada Mei 2017, Xenia terjual di pasar retail sebanyak 14.329 unit atau bekontribusi 19 persen dari total Daihatsu selama sebulan. Tapi kendati demikian, ADM tak mau menganggap Xenia termakan oleh Sigra.

”Jadi bukan tergerus, tapi kontribusinya memang saat ini komposisi Sigra dominan. Bukan berarti penjualan Xenia turun. Secara absolutnya, Xenia masih stabil, dan Sigra sedang tinggi,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), (5/6/2017).

Daihatsu Sigra dipamerkan saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Diakui Hendrayadi, Sigra sedang naik daun. Dalam sepuluh bulan sejak dijual, model ini masih bisa memenuhi target penjualan rata-rata 3.000 unit sebulan. Di sisi lain, Xenia juga stabil, masih terjual 2.500-3.500 unit sebulan.

Jika ditelusuri dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak ada Sigra, Xenia memang sedikit drop. Jika sebelumnya masih bisa menyentuh 5.000 unit sebulan, kini angka itu tak pernah lagi disentuh, dan alhasil, kontribusinya pun menurun meski masih tetap gemuk.

Benang merahnya, Daihatsu memang berhasil menambah pasar baru lewat Sigra. Xenia bertahan, dan sedikit turun, meski tetap bisa dianggap stabil jika melihat fluktuasi pasar low MPV.