Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Daihatsu Terios, Tua-tua Keladi yang Masih Diminati

Usianya tak lagi muda. Tercatat, lebih dari 10 tahun DaihatsuTerios—dan kembarannya Toyota Rush—berkiprah di pasar low SUV Indonesia. Karena sudah lewat satu dasawarsa itulah, banyak keinginan, atau bahkan menjurus ke cibiran, bahwa sudah saatnya model ini mengalami full model change.

Banyak pesaing yang sudah masuk ke ranah ini, dilihat dari data pengelompokan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Mulai dari duet Honda, HR-V 1.5 dan BR-V, lalu belakangan Chevrolet yang coba menawarkan Trax. Tapi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bergeming.

”Walau katanya sudah 10 tahun, tapi penjualan masih stabil kok. Bulan kemarin (Mei 2017) masih di atas 1.000 unit, dan rata-rata penjualannya di angka itu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), (5/6/2017), di Jakarta.

Mari kita kroscek. KompasOtomotif memiliki data wholesales Gaikindo sampai April 2017, dan Terios memang masih berada di level 1.000 unitan sebulan, bahkan sampai 1.300 unitan. Saudaranya, Rush, masih berada di level 1.700-2.200 unit sebulan.

Terios memang tak lagi berkuasa seperti zaman dulu saat dia masih mengisi pasar sendirian bersama Rush. Pemuncak pasar segmen low SUV saat ini diambil alih Honda HR-V 1.5 dengan penjualan rata-rata 4.000-an unit sebulan, atau BR-V yang berada di kisaran 1.400-2.500 unit sebulan.

”Kalau banyak orang, termasuk teman-teman (wartawan) menanyakan soal ganti model dan sebagainya, tapi kenyataannya penjualan masih bagus,” ucap Hendrayadi.

Lifetime
Soal lifetime atau usia beredar sebuah mobil, Hendrayadi menegaskan kini tak ada lagi yang bisa jadi patokan. Jika dulu, orang mengaitkan ganti model selalu dalam siklus 10 tahun, lalu mulai lebih cepat, antara 6 sampai 7 tahun, kini tak bisa lagi dilihat seperti itu.

Beredar isu bahwa Terios generasi baru sedang dikembangkan di Jepang, dan akan muncul dalam waktu dekat. Bahkan informasi ”A1” dari salah seorang kolega, mengatakan bahwa generasi baru ini akan datang November 2017. Benarkah? ”Saya tidak tahu,” ucap Hendrayadi