Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Setiap 69 Detik Lahir Satu Mobil Daihatsu di Pabrik Sunter

Fasilitas perakitan Sunter Assembly Plant (SAP) milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merakit beberapa produk mobil Daihatsu. Untuk membuat satu mobil utuh dan laik jalan di pabrik SAP waktu yang dibutuhkan hanya 69 detik.

"Di SAP, setiap 69 detik lahir kendaraan baru. Ini membuat SAP setiap harinya memproduksi sekitar 300 unit kendaraan berbagai model atau sebanyak 21 ribu unit per bulannya," ujar Dian Kurniawan dari Assembly Plant Department SAP, Rabu (16/3/2016).

Ia menambahkan, model mobil Daihatsu yang dibuat di SAP berdasarkan pesanan yang diterima. Semakin banyak pesanan, maka waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah mobil pun menjadi lebih cepat. Para pekerja di SAP bahkan pernah membuat satu mobil dalam waktu kurang dari 1 menit (60 detik).

"Jika permintaan banyak maka waktu pengerjaan kendaraan akan dipercepat. Pada 2012 karena permintaan produk meningkat, kami pernah mencatat waktu produksi 57 detik per unit lahir dari pabrik ini,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra mengatakan, meski hanya memiliki lahan seluas 12,7 hektare, pabrik SAP sudah dirancang sesuai dengan standar global. Bahkan dari audit defect per unit (DPU) pabrik Sunter ini mengalahkan pabrik Daihatsu di Inggris dan Turki

"Sunter Assembly Plant (SAP) berdiri di atas lahan 12,7 hektare. Lahan yang sedemikian kecil ini mampu dimanfaatkan dengan baik untuk memproduksi produk berkualitas Daihatsu. Proses lengkap welding, stamping, dan painting, ada di pabrik ini. Untuk efisiensi lahan, bahkan sistem jalur produksi tak hanya mengalir ke depan, tapi juga mundur," pungkas dia.

Pabrik SAP memproduksi Daihatsu Terios, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, mobil pikap & blind van Gran Max, serta Luxio.