Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Daihatsu Charmant, "Mbah"-Nya Xenia-Avanza

Jauh sebelum lahir Xenia-Avanza, Terios-Rush, dan Ayla-Agya, produk pertama hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia adalah sedan kompak yang kini jadi model klasik, Charmant-Corolla. Kedua sedan itu diproduksi di dalam negeri, tapi dipasarkan terpisah bukan atas kerja sama Daihatsu Indonesia dan Toyota Indonesia.

Kata Charmant berasal dari Prancis yang artinya charming atau menawan dalam bahasa Indonesia. Sejarah Charmant dimulai dari Jepang, awal produksinya pada 1974 hingga 1987. Mobil yang dirancang berbasis Toyota Corolla ini dijual di Indonesia pada era pertengahan 1980-an.

Generasi kedua Charmant lahir di Frankfurt Motor Show 1981, konfigurasi sistem geraknya masih sama, mesin di depan dan penggerak roda belakang. Di Jepang mesin paling besar 1.5L bertenaga 83 PS, sedangkan untuk ekspor 2T 1.6L dengan 76 – 83 PS tergantung permintaan pasar.

Sejak 1984 overhead cam mesin 2T 1.6L diganti menggunakan seri 4A plus kepala piston berbahan alumunium. Mesin produksi Toyota jenis itulah yang ditawarkan di Indonesia.

Tidak banyak literatur online tentang Charmant, namun dari berbagai situs yang pernah membahas, mobil ini dikatakan layak dibeli di jamannya sebab punya fitur lebih lengkap dibanding para pesaing. Charmant dilengkapi power steering, central lock, dan power window. Padahal, Corolla yang lebih favorit masih mengandalkan manual.

Di Indonesia, Charmant memang jarang disebut. Kondisinya saat ini langka di pasar mobil bekas, kalaupun masih ada kemungkinan dipegang kolektor atau penggila. Harga Mobkas Charmant buram, hanya jadi perbincangan antara penjual dan pembeli.

Amelia Tjandra Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor mengatakan menjual model sejenis dengan merek Daihatsu dan Toyota sudah dimulai sejak era 1950-an di Jepang. Sedangkan di Indonesia, cikal bakalnya dimulai dari Charmant.

Setelah Charmant, ADM bekerja sama dengan Toyota Astra Motor menghasilkan Xenia-Avanza pada 2004, Terios-Rush pada 2007, dan Ayla-Agya pada 2013. Semua mobil itu diproduksi ADM. Selain yang sudah disebut sebenarnya masih ada produk kolaborasi lainnya yaitu van Toyota Town Ace dan pikap Toyota Lite Ace yang berbasis Daihatsu Gran Max. Town Ace dan Lite Ace tidak dijual di dalam negeri, hanya ditujukan untuk ekspor.