Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Jadi Kakak Adik Toyota Mulai Tertarik Jual Mobil Daihatsu

Toyota secara resmi telah mengakuisisi Daihatsu sepenuhnya, setelah saham total dibeli. Nantinya, Daihatsu akan ada di bawah kontrol Toyota, termasuk pengembangan, arah strategi, dan sebagainya. Disebutkan, Daihatsu nantinya ditugaskan untuk menggarap mobil-mobil kecil dan murah yang dipasarkan untuk sejumlah negara berkembang.

Dilansir Reuters, Rabu 10 Februari 2016, dalam sebuah wawancara ekslusif, Kyoichi Tanada, Chief Executive Officer Toyota wilayah Asia dan Timur Tengah, menyatakan minatnya untuk memperkenalkan Daihatsu di India untuk bersaing dengan segmen entry-level.

Salah satu produk yang paling mungkin diperkenalkan dari Daihatsu adalah Terios Sport Utility Vehicle (SUV), yang juga dijual sebagai Toyota Rush.

"Untuk bertarung di pasar mobil kecil, kita perlu lebih banyak dukungan dari Daihatsu. Toyota memang tidak bisa mengembangkannya sendiri. Dalam pasar di negara berkembang seperti India, masih perlu untuk mobil kecil. Sesegera mungkin saya ingin memperkenalkan mobil kecil ini (Terios)," kata Tanada.

Mengingat bahwa Toyota belum mampu mencapai keberhasilan di pasar mobil entry-level dengan Etios dan Etios Liva, nantinya Toyota akan fokus pada segmen premium. Toyota akan mempersilakan Daihatsu untuk menggunakan bagian dari pabrik TKM di Karnataka untuk membangun kendaraan.

"Daripada membangun pabrik baru, lebih baik menggunakan bagian dari pabrik TKM di Karnataka untuk membuat kendaraan. Nantinya, Toyota bisa meluangkan sekitar setengah, atau 100.000 unit per tahun, sementara sisanya bisa dipakai Daihatsu," kata Tanada.

Langkah Toyota setidaknya mirip dengan strategi Nissan yang mengharapkan pasar mobil murah pada Datsun. Tetapi, sejauh ini Datsun diketahui belum mengumpulkan angka penjualan yang kuat, sebagaimana diharapkan Nissan.