Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Ini Cara Daihatsu Tingkatkan Perannya dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Daihatsu Motor Company (DMC) mengaku terus melakukan upaya lokalisasi (meningkatkan penggunaan konten lokal) dalam melakukan operasinya di Indonesia, sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan cara itu, pabrikan ini ingin berperan lebih aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Eksekutif senior Daihatsu menyebut, upaya itu diwujudkan dengan menggunakan komponen lokal yang mencapai 90 persen, memberi kepercayaan kepada sumber daya manusia lokal untuk menduduki jabatan puncak hingga transfer teknologi.

“Melakukan lokalisasi merupakan kata kunci bagi Daihatsu. Sehingga, Daihatsu di Indonesia menjadi bagian dari masyarakat. Keberadaannya dirasakan oleh masyarakat dan produknya memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat,” papar Senior General Manager DMC, Toshinori Edamoto, di Kamakura, Jepang.

Dia menyebut penggunaan komponen lokal yang mencapai 90 persen dari sekitar 20.000 unit dengan 200 pemasok lokal merupakan salah satu wujud upaya lokalisasi itu. Bahkan, dari sisi manajemen, sejumlah sumber daya lokal telah menduduki jabatan puncak di manajemen.

“Seperti yang Anda ketahui, saat ini Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor dijabat oleh Pak Sudirman Maman Rusdi yang merupakan orang Indonesia. Begitu pun dengan Ibu Amelia Tjandra yang menjabat Direktur Pemasaran,” ujar Edamoto.

Selain itu, lanjutnya, pabrikan asal Jepang ini juga berusaha untuk melakukan transfer teknologi kepada para insinyur lokal yang bekerja di Daihatsu Indonesia. Mereka secara reguler dan bergiliran mendapatkan pelatihan di Jepang.

Tak hanya itu. Menurut Edamoto, Daihatsu juga telah membangun adan akan terus meningkatkan peran penelitian dan pengembangan.

“Hasil dari semua upaya itu adalah tidak saja harga yang bersaing, serta produk yang sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Tetapi, Daihatsu bisa berperan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia,” terangnya