Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Sensasi Daihatsu Great New Xenia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan mesin baru pada Great New Xenia yakni Dual VVT-i. Mesin baru itu diklaim lebih bertenaga dan suaranya lebih halus ketimbang mesin single VVT-i yang digunakan pada model lama.

Okezone berkesempatan untuk duduk di balik kemudi Great New Xenia tipe R 1,3 liter transmisi otomatis saat test drive di Cirebon, Jawa Barat.

Sebelum melaju, mata terarah ke instrumen baru yang kini dilengkapi layar LCD kecil yang berfungsi memberikan informasi status bahan bakar, jarak tempuh, hingga petunjuk waktu. Serta satu fitur pendatang baru yakni indikator "eco", yang membantu pengemudi berkendara hemat bahan bakar.

Tidak menunggu lama, posisi transmisi langsung dipindahkan ke "D" dan mobil dengan ringan meluncur. Kondisi jalan yang ramai, tidak masalah. Posisi mengemudi cukup nyaman. Lingkar kemudi sangat nyaman digenggam dan ringan pada saat mobil bermanuver di kecepatan rendah.

Saat awal pedal gas diinjak, ada sedikit jeda hingga mobil melaju. Namun selanjutnya mesin baru ini menunjukkan tajinya.

Saat akan memasuki jalan menanjak, tuas transmisi dipindah ke posisi "L", seketika itu pula tenaga mesin bertambah sehingga mampu melewati jalan menanjak dengan baik. Torsi mobil ini cukup baik untuk ukuran dinaiki empat orang dan bagasi penuh barang.

Pada satu kesempatan, transmisi dipindahkan ke posisi "D" masih dalam kondisi menanjak, hasilnya mesin mobil tetap mumpuni.

Untuk diketahui, berdasarkan data pabrikan Great New Xenia varian R sporty diperkuat dengan mesin 1,3 liter empat silinder dan dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan sehingga mampu mengeluarkan daya 97 PS pada 6.000 rpm. Torsinya 12,3 kg.m pada 4.200 rpm.

Sementara itu saat Okezone duduk di bangku penumpang, ruang kaki di baris kedua terbilang agak luas. Tambah nyaman dengan hadirnya AC tambahan (double blower) yang mampu dengan cepat memberi kesejukan penumpang dibaris kedua dan ketiga.

Kabin Great New Xenia juga lebih senyap, hal ini dapat dirasakan langsung saat melewati pasar atau jalan yang ramai. Suara bising dari luar mobil mampu diredam. Raungan mesin sedikit terdengar di kabin saat mobil menanjak dan posisi transmisi di posisi "L".

Daihatsu Xenia terbaru mengandalkan head unit double din yang mudah dioperasikan karena memiliki fungsi layar sentuh. Selain sebagai perangkat hiburan, head unit itu juga terdapat fitur navigasi hingga menampilkan video kondisi di belakang mobil saat kendaraan mundur.

Secara keseluruhan LMPV jagoan Daihatsu ini nyaman sebagai kendaraan keluarga. Mesin Dual VVT-i sangat mumpuni, tidak hanya untuk digunakan di jalan perkotaan, namun juga untuk jarak jauh.