Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

BORNEO WILD ADVENTURE AMUNTAI BERSAMA SAHABATKU DAIHATSU TERIOS


Mahessa-83-Kalimantan atau disebut juga Borneo adalah pulau ketiga terbesar di dunia yang terletak di negara Indonesia dengan luas 743.330 km² juga dikenal sebagai "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pada zaman dahulu, Borneo yang berasal dari nama Kesultanan di Brunei adalah nama yang dipakai oleh Kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut nama pulau ini secara keseluruhan. Sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan pulau ini yang sekarang masuk kedalam wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Sarawak dan Brunei) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam sedangkan untuk Indonesia wilayah Utara adalah propinsi Kalimantan Utara. Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, Sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Borneo adalah sebuah tempat yang sangat menakjubkan untuk dijadikan tempat berpetualang. Hutan yang lebat (Namun belakangan ini semakin berkurang akibat maraknya penebangan pohon), Sungai-sungai yang panjang dan gunung-gunung yang menjulang tinggi serta tempat bagi habitat alami bagi hewan-hewan seperti orang utan, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies yang terancam punah menjadikan tempat ini sebagai ajang Borneo Wild Adventure Bersama Daihatsu yang sangat di idam-idamkan oleh banyak petualang seperti penulis dan Anda pecinta alam Indonesia.

Daihatsu dengan New Daihatsu Terios nya bekerjasama dengan viva.co.id akan memberikan impian saya yang sejak lama ingin bisa bertualang dan menikmati keindahan alam pulau Borneo yang sangat menakjubkan. Di sini saya khususnya di Kalimantan Barat kita akan bisa menikmati dan merasakan aneka kuliner seperti:

Lemang: Kue yang terbuat dari pulut/ketan yang dimasukkan kedalam batangan bambu. Lemang ini adalah makanan khas Kalimantan Barat yang hingga kini masih dilestaruikan.

Jimut: Makanan tradisional masyarakat Dayak Mualang yaitu daerah Belitang kabupaten Sekadau yang terbuat dari bahan tepung yang dibentuk bulatan sebesar bola pingpong.

Lempok: Makanan khas yang dibuat dari bahan Durian ini mungkin akan bisa kita jumpai di propinsi Pontianak.

Tehpung: Makanan tradisional dari suku Dayak Uut Danum yang terbuat dari bahan beras ketan/pulut yang telah ditumbuk hingga halus yang kemudian di goreng ini merupakan makanan yang disajikan untuk upacara adat disana.

Sedangkan jika kita berada di Kalimantan Selatan, Tentu saja saya akan mencari makanan-makanan seperti:

Patin Baubar: Patin segar yang dimasak yang dimasak dengan tungku yang berasal dari bara api tempurung kelapa. Tentu saja hal ini akan menghadirkan aroma tersendiri untuk menambah cita rasa. Patin Baubar ini sangat cocok bila disandingkan dengan nasi putih hangat dan Terong Baparung (Terong yang dibakar diatas bara api dan dikasih santan) ditambah sambal acan (sambal terasi) pasti sangat nikmat dan membangkitkan selera.

Manday: Makanan yang terbuat dari kulit tiwadak (cempedak) yang sangat lama diawetkannya dengan menggunakan garam uyah bacurai/garam tanpa yodium yang di diamkan dalam suatu tempat yang tertutup rapat. Semakin lama pengawetannya semakin enak rasanya. Manday sendiri bisa dimasak dengan cara di goreng ataupun di oseng-oseng dibuat menjadi Manday Batanak (ditambah santan dan ikan pepuyu kecil).

Iwak Pakasan: Berbahan dasar ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, dan Ikan Sepat. Pembuatannya yaitu ikan dibersihkan dan diberi garam seperti pada Manday. Kemudian ikan diberi samu (beras yang di sangrai dan ditumbuk halus namun masih berbentuk) Ikan kemudian didiamkan beberapa waktu beberapa bulan bahkan tahunan. Dimasak dengan menggunakan Bawang Goreng.

Gangan Humbut: Rasanya yang manis mampu menciptakan selera ketika ditemani sepiring nasi putih hangat, iwak saluang goreng plus sambal terasi. Itupun sudah cukup untuk membangkitkan selera orang tak bernafsu makan. Humbut sendiri berasal dari bagian inti dari pohon nyiur (kelapa). Makanan ini sering disajikan sebagai menu wajib jika ada orang hajatan perkawinan.

Dalam Borneo Wild Adventure ini saya juga ingin mengetahui adat istiadat Kalimantan Tengah seperti:

Upacaara Tiwuh, yaitu upacara adat suku Dayak yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke Sandung yang sudah di buat. Upacara Tiwuh adalah upacara yang sangat sakral bagi suku Dayak. Pada acara tersebut sebelum tulang-tulang orang yang sudah meninggal di antar dan ditempatkan di Sandung akan di iringi dengan tariansuara gong ataupun hiburan lainnya.Sampai akhirnya tulang-tulang tersebut diletakan kedalam Sandung semuanya.

Ritual Nahunan,  Merupakan upacara khas suku Dayak Kalimantan yakni upacara memandikan bayi secara ritual menurut kebiasaan suku Dayak Kalimantan Tengah. Maksud utama dari pelaksanaan Nahunan adalah prosesi pemberian nama sekaligus pembaptisan menurut Agama Kaharingan(agama orang dayak asli dari leluhur) kepada anak yang telah lahir. 

Dengan ditemani Sahabatku Daihatsu New Terios yang dikenal sebagai Sahabat Petualang yang akan terus menemani penulis menjelajahi lebatnya Hutan Kalimantan dan indahnya panorama alam untuk melihat tempat-tempat yang eksotik bagaikan di surga.