Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Daihatsu Juga Recall 5 Juta Mobil

Keputusan tersebut diambil setelah enam orang meninggal dunia dalam insiden yang melibatkan kantung udara buatan Takata, produsen suku cadang kendaraan yang berbasis di Jepang.

Insiden paling akhir menimpa Carlos Solis, ketika mobil Honda Accord 2002 yang dikendarainya menabrak mobil di depannya di Negara Bagian Texas, AS, pada Januari lalu.

Kala itu, airbag pada mobil Solis meledak dan membuyarkan pecahan logam yang menghantam lehernya. Solis kemudian meninggal.

Honda mengatakan model yang akan ditarik mencakup Fit atau Jazz. Namun, penarikan itu tidak akan dilakukan di AS, tempat sebagian besar insiden yang melibatkan kantung udara terjadi.

Hal ini berpotensi mempengaruhi performa bisnis Honda mengingat pada April lalu produsen mobil itu memangkas pertumbuhan profit setelah sempat menarik dua juta unit tahun lalu. Adapun Daihatsu akan menarik model Mira.

Sebelum Honda dan Daihatsu, produsen mobil Jepang lainnya telah lebih dulu menarik mobil mereka karena kekhawatiran akan masalah pada airbag. Toyota dan Nissan menyatakan mereka akan menarik sebanyak 6,5 juta kendaraan.

Jumlah penarikan mobil karena airbag buatan Takata sejauh ini telah mencakup 36 juta unit sejak 2008 lalu. Akibatnya, produsen suku cadang itu menghadapi sejumlah gugatan hukum dan investigasi yang berkaitan dengan aturan di Amerika Utara.

Investigasi terdahulu menunjukkan bahwa airbag buatan Takata tidak dibungkus dengan layak dan berpotensi rusak karena lembab. Selain itu, airbag pun dapat meledak dalam tekanan dan memuntahkan pecahan logam ke dalam mobil