Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Astra Daihatsu Motor Rayakan Produksi 4 Juta Unit

Pencapaian produksi hingga 4 juta unit merupakan milestones penting bagi ADM. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk suplayer, diler, dan partner," kata Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Ia mengatakan, pencapaian tersebut diraih dalam waktu 1 tahun 10 bulan atau kurang dari dua tahun setelah pencapaian produksi 2 juta unit dicapai pada 2013.

Pencapaian 4 juta unit ini disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2.076.546 unit (51,9%) dan Toyota 1.923.454 unit (48,1%) meliputi produk Xenia/Avanza, Terios/Rush, Gran Max, Luxio serta produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espass, Zebra, Taft, Delta, Classy, dan Charade.

Menurut Sudirman, komitmen positif para shareholder khususnya prinsipal, berperan penting atas pencapaian tersebut.

Adapun mobil produksi ke-4 juta ADM adalah Daihatsu Terios yang berada di jalur ekspor. Varian SUV ini akan segera dikirimkan ke Peru.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan, produk ini hadir dengan spesifikasi yang hampir sama dengan ada di Indonesia, yakni dengan desain bodi SUV dan menggunakan mesin 1.500 cc.

"Spesifikasinya hampir sama, cuma beda di posisi setir. Karena di Peru setirnya kiri, maka kami buat semua sesuai regulasi yang berlaku di sana," ungkapnya.

Menurut Amelia, selain untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri, produk ADM juga telah dijual ke 48 negara tujuan ekspor di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk ekspor Gran Max ke Jepang.

Memasuki usia ke 37 tahun, ADM kini memiliki fasilitas perakitan kendaraan (assembly plant) di kawasan Sunter, Jakarta dan Karawang Timur, Jawa barat dengan total kapasitas produksi mencapai 530 ribu unit per tahun. ADM juga memiliki pabrik mesin (engine plant) di Karawang Barat, Jawa Barat.

"ADM memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan meliputi proses stamping, welding, painting, dan assembling," ujar Direktur Manufaktur ADM Pongky Prabowo.

Menurutnya, tingkat kandungan lokal produk-produk ADM secara rata-rata saat ini mencapai 86%. ADM juga telah menjalin kerja sama dengan 261 perusahaan pemasok komponen lapis pertama (first tier) dan 1.105 pemasok komponen lapis kedua (second tier) dengan total penyerapan tenaga kerja sebesar 792 ribu karyawan.