Daihatsu Surabaya

DONNY DAIHATSU
MARKETING SENIOR DAIHATSU
SILAHKAN HUBUNGI :
BBM: -
Hot News

Berita

Daihatsu Berupaya Gunakan 100 Persen Komponen Dalam Negeri

Produsen otomotif PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berjanji untuk terus meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) setelah resmi mampu memproduksi 4 juta unit mobil selama 37 tahun beroperasi di Indonesia sampai tahun ini.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan TKDN di dalam elemen produksi meskipun ada beberapa komponen yang masih belum bisa diproduksi lokal. Tapi secara teori seharusnya bisa mencapai 100 persen," ujar Direktur Manufaktur ADM Pongky Prabowo di Jakarta, Kamis (7/5).

Pongky optimistis dapat meningkatkan komponen lokal setelah menerima kabar akan adanya pabrik Electronic Control Unit (ECU) asal Jepang yang akan melakukan perluasan investasi di Indonesia di tahun ini dan tahun depan. Salah satunya adalah PT Denso Indonesia yang pada April lalu membuka pabrik dengan nilai investasi senilai Rp 1,4 miliar.

"Karena memang penggunaan local content menjadi prioritas utama kami. Kemungkinan mencapai 100 persen masih ada. Kini komponen lokal kami rata-rata sebesar 86 persen, untuk seri Ayla saja TKDN kami sebesar 92 persen," tambahnya.

Sampai Maret 2015 produksi ADM sejak 1978 hingga saat ini telah mencapai 4 juta unit dengan rincian produksi merek Daihatsu sebesar 51,9 persen dan Toyota sebesar 48,1 persen. Meskipun telah mencapai penjualan sebanyak itu, namun ADM belum bisa memprediksi kapan produksi perusahaannya bisa mencapai 5 juta unit.

"Kami saat ini memang memiliki kapasitas produksi sebesar 530 ribu unit per tahun dari gabungan pabrik di Sunter dan Karawang, tapi kami juga lihat permintaan global. Kalau proyeksi ekspornya menurun maka akan lebih lama bagi kami untuk mencapai angka 5 juta unit," ujar Amelia Chandra, Direktur Pemasaran ADM di lokasi yang sama.

Perlu diketahui bahwa pada tahun lalu ADM memproduksi kendaraan bermotor roda empat sebanyak 515.256 unit dari 1,2 juta unit penjualan secara nasional sepanjang 2014. Dari angka tersebut, merek dagang Daihatsu berhasil terjual sebanyak 185.226 unit.

ADM berhasil mencapai produksi satu juta unit pada Mei 2005, lalu mencapai dua juta unit pada November 2010. Setelah itu, produksi ADM berhasil mencapai tiga juta unit pada Maret 2013.